Pulang dengan tiket gratis ke Indonesia

Bismillah wa sholatu wasallam ala Rasulillah wa ala Alihi wa shohbihi wa man tabi'a diynahu ilaa yaumiddin . Amma ba'du
.
Perjalanan ku pertama pulang ke indoIndon, telah genap 4 bulan aku di Sudan, di mulai dari bulan November 2017 aku menginjak kaki di Sudan akhirnya libur telah tiba setelah ujian aku mengikuti dg baik, dn bonus juga hadiah dari Allah SWT bisa di berangkat kan umroh juga bertemu dengan umi tercinta disana dan juga tetanggaku di indonesia, nanti akan ku ceritakan perjalanan ku umroh dari sini di episode yang lain insyaallah.
.
Tepat bulan April awal aku siap2 untuk berangkat menuju Bandara, beruntung sekali aku waktu itu kenapa? Karena tiket ku pulang kali ini di bayarin oleh kawan bernama pak Kamal, aku berangkat bersama bersama dia, nah ada yang menarik disini,, kenapa?? Karena kepulangan aku ini walaupun dibayarin awal oleh dia padahal pada hakikatnya aku tidaklah bayar ! :)
.
Jiwa miskin ku semakin naik darah hahah, nah jadi kenapa aku bisa gratis? Karena aku pulang juga membawa kurma muda yaitu ruthob , bagasi ku 40 kg menggunakan pesawat Etihad sama juga dengan pak Kamal 40 kg jadi d gabung menjadi 80 kg belum dengan kabin, maka otomatis aku membawa ruthob sebanyak 80 kg belum dg buah dzurriat, buah dzurriat itu semacam buah agar mudah punya keturunan.
.
Nah aku sekalian jual itu bukan niat apa2 selain ini bisa pulang gretongan, jadi setiap kurma muda kita jual 200K/kg maka di kali 80 , jadinya 16.000.000 amazing kan! Uang tiket yang hanya 6 jt pp per orang jadi balik modal bahkan untung, itu membuat kita jadi ga bayar kan?! Haha,
.
Nah kunci nya disitu kita dapat pulang gratis, lanjuttt ... 
.
Proses pengepakan barang , kita harus izin dulu untuk membawa yang namanya kurma muda dari sebuah negara, biaya nya cukup murah hanya 600 pound sudani, itu murah sangat loh, selanjutnya proses berjalan lancar kita tinggal pulang ke Indonesia, tinggal kabin di periksa lancar di Sudan . Aku dn pak kamal pun duduk di kursi pesawat, 
.
Disana aku menghitung nikmat Allah SWT yang sangat melimpah kepada ku, sdh seharusnya aku tidak durhaka.
.
Aku duduk di sebelah orang Saudi kebetulan, dia tinggal di Jeddah istrinya orang indonesia! Waaw .. 
.
Lalu setelah itu aku tidur untuk sementara karena lelah, tentang kamar mandi pesawat itu , minimalis sekali, tersedia tisu dn toilet , ukuran yang sangat kecil tp sdh lebih dari cukup, jika sahabat mencari tempat duduk yang nyaman aku merekomendasikan agar tidak ada orang di depan karena dengan itu aku bisa selonjoran (lebih leluasa)
.
Sampai lah transit pertama aku di Jeddah , aku menggunakan pesawat Saudi jadi transit nya di Jeddah , cukup lama aku trabsit di Jeddah aku bertemu orang indo di tempat transit di bekerja sebagai profesional disana, sekarang dia sedang ingin pulang sama dengan aku, ada pengalaman tersendiri sih aku transit di Jeddah ini, seperti ada makanan , kita dapat makanan bonus dari maskapai pesawat karena memang memakan banyak waktu aku menunggu penerbangan selanjutnya.
.
Di transit itu juga terdapat aneka minuman makanan disana yang membayarnya kita menggunakan dollar. Norak itu asik ya ;) 
Ada kopi seperti Starbucks, ada kentang goreng dll.
.
Setelah itu pesawat aku sudah siap untuk ke Jakarta , naik lah aku ke pesawat dengan pak Kamal yang dermawan itu . Aku akan menikmati tidur panjang di pesawat sebab perjalanan pasti akan panjang, meluncur~
.
Di pesawat Saudi airlains kali ini ada yang menarik di hati ku yaitu pesawat Saudi ini terdapat musholla di dalam nya untuk mereka yang ingin melaksanakan sholat . Aku pun melaksanakan sholat disana, ya muat lah untuk satu jamaah yang terdiri dari 5 orang , satunya imam. Di pesawat Saudi ini lumayan unik menurut ku dn paling mengerti konsumen, makanan yang di saji pasti akan khas dengan makanan negara yang akan di tuju, aku di tawari gulai atau apa aku lupa, aku pilih gulai ayam , dan itu sangat indonesia banget menurut ku rasanya kenapa? Karena memang enak sekali, ga sama makanan ketika aku menuju khartoum itu aku hampir ga bisa makan karena makanan nya ga masuk di lidah aku sebagai pecinta makanan Nusantara 😍
.
Minuman yang tersedia pun beraneka ada Coca cola , susu, atau air putih dn banyak lagi, aku pilih teh. Soal minuman kita bisa meminta nya kapan pun itu asal memesan kepada pramugari, jadi jangan takut dehidrasi di pesawat ya! :)
.
Malam pun tiba tergambar di balik jendela pesawat , aku ingin tidur kali ini maksimal karena tidak ingin sakit karena kekurang tidur yang kadang di lupakan oleh penumpang pesawat karena bingung dengan jam tidurnya. Nah, ini juga langkah bagus bagi pemula penunmpang pesawat agar mensetting jadwal tidurnya agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan
.
Skip langsung.  Sebelum tidur aku nonton film agar memantik akal ku mengantuk, atau mendengar musik atau murottal yang ada pada layar di depan ku, akhirnya aku pun tidur, dn shubuh pun tiba, aku bangun, belum juga sampai di indo aku masih terbang di atas lautan yang sebentar lagi di atas pulau Sumatra, lalu Medan dn lain2 .
.
Nuasa indo ada keciri khas nya, pulaunya hijau, laut nya indah dan lain sebagainya
.
Rindu ku sudah membucah, ingin segera bertemu keluarga . Aku akhirnya pulang pertama kali ke tanah Indonesia. Aku tunggu bagasi aku mengantri . Bagasi ada dua pakai dengan dus berisi kan ruthob . Lalu barang kami sudah ada tinggal di bawa ke imigrasi. Nah disini terjadi konflik . Aku sudah bawa surat-surat dengan jelas dengan barang yang jelas dari Sudan tp di imigrasi disini di tahan kenapa? Aku pun heran . Intinya selepas banyak perdebatan diantara kita aku kena bayar tiap orang bayar 200K untuk nebus tuh barang. 
.
Keluar dari imigrasi , Abi umi sdh menunggu cukup lama karena aku lama di imigrasi . Ada juga kawan pak Kamal sudah menunggu disana namanya Imad. Abi umi seneng banget liat pak Kamal karena aku udh di bayarin tiket darinya . Akhirnya akupun dn pak Kamal nginep di rumah ku Yeay. Bgtulah cerita perjalan pulang pertama ku di indonesia dn akan ada cerita selanjutnya perjalanan ku nantinya tetep stay tune yaa !

Komentar